Pelatihan Parenting Mengenal Generasi Millenial
Corresponding Author(s) : Andi Wirantaka
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Generasi Meillenial adalah generasi yang saat ini umumnya ada dalam masa dimana mereka belajar di perguruan tinggi. Generasi ini merupakan generasi yang berbeda dengan umumnya generasi yang menjadi orangtua mereka. Orangtua belum tentu paham dan mengerti karakteristik dan kepribadian generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orangtua dalam mengenal generasi milenial dengan melakukan pelatihan parenting mengenal generasi milenial. Penelitian ini merupakan penelitian kauntitatif dengan metode penelitian eksperimental. Partisipan penelitian ini adalah tigapuluh warga sebuah desa di kecamatan Turi, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan angket untuk pre-tes dan post tes dimana perlakuan diberikan dengan memberikan pelatihan parenting mengenal generasi milenial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil pre-tes dengan hasil post-tes dengan p-value.0.01 dimana lebih rendah dari sig. 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan pelatihan parenting memberikan dampak signifikan terhadap pemahaman orangtua terhadap generasi milenial. Hal ini berimplikasi bahwa pelatihan parenting dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman orangtua terhadap karakter anak
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education (7th ed.). London: Routledge.
- Considine, D., Horton, J., & Moorman, G. (2009). Teaching and Reaching the Millennial Generation Through Media Literacy. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 52 (6),471-481.
- Fitriani, F. (2018). PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA ISLAMI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 3(4).
- Koh, C. K., & Dornfest, A. (2016). Minimalist Parenting: Enjoy Modern Family Life More by Doing Less. Routledge.
- Prensky, M. (2001). Digital natives digital immigrants. On the Horizon, 9 (5), 1-6.
- Shishavan, H.B. (2010). The relationship between Iranian English language teachers' and learners' gender and their perceptions of an effective English language teacher. English Language Teaching, 3 (3), 3-10.
- Twenge, J. M. (2010). A review of the empirical evidence on generational differences work attitudes. Journal of Business and Psychology, 25, 201-210.
References
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education (7th ed.). London: Routledge.
Considine, D., Horton, J., & Moorman, G. (2009). Teaching and Reaching the Millennial Generation Through Media Literacy. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 52 (6),471-481.
Fitriani, F. (2018). PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA ISLAMI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 3(4).
Koh, C. K., & Dornfest, A. (2016). Minimalist Parenting: Enjoy Modern Family Life More by Doing Less. Routledge.
Prensky, M. (2001). Digital natives digital immigrants. On the Horizon, 9 (5), 1-6.
Shishavan, H.B. (2010). The relationship between Iranian English language teachers' and learners' gender and their perceptions of an effective English language teacher. English Language Teaching, 3 (3), 3-10.
Twenge, J. M. (2010). A review of the empirical evidence on generational differences work attitudes. Journal of Business and Psychology, 25, 201-210.