Pengembangan Podcast dan Radio untuk Media Pembelajaran di Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Gamping Sleman
Corresponding Author(s) : Fajar Junaedi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping, Sleman memiliki Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Di masa pandemi, problem yang dihadapi adalah kurangnya kemampuan guru dalam membuat konten pembelajaran digital. Program pengabdian ini berusaha memberikan tawaran solusi melalui produksi konten pembelajaran dalam bentuk podcast audio dengan menggunakan aplikasi Anchor.fm dan Spotify. Pengabdian dilakukan dengan metode dalam bentuk workshop dan produksi konten audio. Setelah guru menguasai produksi konten edukatif dalam format audio, guru selanjutnya produksi konten di stasiun radio. Luaran pengabdian ini telah menghasilkan sebuah stasiun radio lengkap dengan peralatan dan sumber daya manusia yang memancarkan siaran edukasi melalui streaming
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
- Wardhana, A. (2018). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10215
- Tyagita, Brigitta Putri Atika (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016
- Lisnawati, Aat dkk (2020) Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Sekolah Dasar Dharma Mulia Dusun Banaran Getasan, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 17, No. 2
- Margareta, Ririn Tius Eka (2018) Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018
- Mukmin Baba (2018).) Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu, Jurnal Isema Vol. 5 No. 1
References
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Wardhana, A. (2018). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10215
Tyagita, Brigitta Putri Atika (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016
Lisnawati, Aat dkk (2020) Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Sekolah Dasar Dharma Mulia Dusun Banaran Getasan, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 17, No. 2
Margareta, Ririn Tius Eka (2018) Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018
Mukmin Baba (2018).) Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu, Jurnal Isema Vol. 5 No. 1