Pelatihan G-Cap untuk Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris dan Pemahaman tentang Hak Anak di Forum Anak Sedayu
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Keterampilan Bahasa Inggris dan pemahaman dasar mengenai hak anak merupakan dua hal penting yang perlu dimiliki oleh siswa yang bergabung dalam forum anak di mana forum tersebut mengemban misi program yang sedang dijalankan oleh pemerintah Indonesia Bernama Sekolah Ramah Anak. Tujuan dari kegiatan abdimas ini adalah meningkatkan kecakapan dan pengetahuan anak-anak usia sekolah di Sedayu yang memiliki intensi untuk mengaktifkan Forum Anak Sedayu yang baru diinisiasi beberapa bulan lalu. Bekerjasama dengan Lazismu Sedayu, tim Abdimas mengaplikasikan teknik Gambar dengan Caption (G-Cap) untuk mencapai tujuan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga pertemuan ini diawali dengan persiapan lalu pelaksanaan. Untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris peserta, diadakan pre-test dan post-test. Siswapun diminta untuk membuat gambar dengan caption tentang hak anak untuk mengetahui pemahaman mereka terhadap materi. Nilai rerata dari tes menunjukkan peningkatan keterampilan Bahasa Inggris terutama kosa kata. Kemudian dari hasil karya peserta data diketahui siswa sudah paham tentang hak-hak yang harus diterima oleh setiap anak. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan G-Cap mampu meningkatkan baik keterampilan Bahasa Inggris anak mapun pengetahuan mereka tentang apa yang harus mereka terima sebagai anak. Setelah pelatihan berakhir, peserta diharapkan agar ikut berperan aktif di Forum Anak Sedayu khususnya dalam hal mengkampanyekan hak-hak anak
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- M. Esteban-Guitart. “Funds of Identity. Connecting Meaningful Learning Experiences in and Out of School”. New York, NY: Cambridge University Press, 2016.
- J. Bates and J. B. Son. “English vocabulary learning with simplified pictures”, TESL-EJ, vol 24, no. 3, November. 2020, http://www.tesl-ej.org/wordpress/issues/volume24/ej95/ej95a12/
- A. Derakhshan and E. D. Khatir. “The effect of using games on English vocabulary learning”, Journal of Applied Linguistics and Language Research, vol 2, no. 3, pp 39 – 47, 2015, available: http://www.jallr.com/index.php/JALLR/article/view/40#:~:text=Different%20studies%20revealed%20that%20games,skills%20and%20enhance%20students'%20motivation.
- K. Woottipong. “Effect of using video materials in the teaching of listening skills for university students”, International Journal of Linguistics, vol 6, no. 4, 2014, doi: https://doi.org/10.5296/ijl.v6i4.5870.
- I. W. Lestari and N. Hardiyanti. “Vocabulary learning autonomy through incorporation of English songs: Indonesian EFL students’ perspectives”, 3L The Southeast Asian Journal of English Language Studies, vol. 26, no. 2, pp. 94 – 104, June. 2020, doi: 10.17576/3L-2020-2602-07
- A. A. Baniabdelrahman. “Effect of using internet tools on enhancing EFL students’ speaking skill”, American International Journal of Contemporary Research, vol. 3, no. 6, June. 2013, available: x https://www.researchgate.net/profile/Abdallah-Baniabdelrahman-2/publication/343282321_Effect_of_Using_Internet_Tools_on_Enhancing_EFL_Students'_Speaking_Skill/links/5f214fed299bf134048f84d7/Effect-of-Using-Internet-Tools-on-Enhancing-EFL-Students-Speaking-Skill.pdf
- Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Indonesia, 2002.
- P. Anugerah. (2019. Okt. 28). Influencer dan buzzer: bagaimana generasi Z memakai media sosial untuk gerakan sosial dan politik [Online]. Available: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-50204476
- R. W. Agustin and M. Ayu. “The impact of using Instagram for increasing vocabulary and listening skill”, Journal of English Language Teaching and Learning, vol. 2, no. 1. 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i1.767
- R. P. Oktiana and F. P. Sari. “Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar di desa Bener kecamatan Majenang”, vol. 5, no. 2. 2022, doi: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.55212
- S. N. Chamidah. “Pemanfaatan apliaksi Canva dan Padlet untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks caption”, vol. 17, no. 1. 2022. Available: http://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/191
- D. M. Vidhiasi. “the implementation of repetition and chain drill at Akademi Maritim Nusantara Cilacap”, vol. 2, no. 1. 2020, doi: https://doi.org/10.54012/jcell.v2i1.54
References
M. Esteban-Guitart. “Funds of Identity. Connecting Meaningful Learning Experiences in and Out of School”. New York, NY: Cambridge University Press, 2016.
J. Bates and J. B. Son. “English vocabulary learning with simplified pictures”, TESL-EJ, vol 24, no. 3, November. 2020, http://www.tesl-ej.org/wordpress/issues/volume24/ej95/ej95a12/
A. Derakhshan and E. D. Khatir. “The effect of using games on English vocabulary learning”, Journal of Applied Linguistics and Language Research, vol 2, no. 3, pp 39 – 47, 2015, available: http://www.jallr.com/index.php/JALLR/article/view/40#:~:text=Different%20studies%20revealed%20that%20games,skills%20and%20enhance%20students'%20motivation.
K. Woottipong. “Effect of using video materials in the teaching of listening skills for university students”, International Journal of Linguistics, vol 6, no. 4, 2014, doi: https://doi.org/10.5296/ijl.v6i4.5870.
I. W. Lestari and N. Hardiyanti. “Vocabulary learning autonomy through incorporation of English songs: Indonesian EFL students’ perspectives”, 3L The Southeast Asian Journal of English Language Studies, vol. 26, no. 2, pp. 94 – 104, June. 2020, doi: 10.17576/3L-2020-2602-07
A. A. Baniabdelrahman. “Effect of using internet tools on enhancing EFL students’ speaking skill”, American International Journal of Contemporary Research, vol. 3, no. 6, June. 2013, available: x https://www.researchgate.net/profile/Abdallah-Baniabdelrahman-2/publication/343282321_Effect_of_Using_Internet_Tools_on_Enhancing_EFL_Students'_Speaking_Skill/links/5f214fed299bf134048f84d7/Effect-of-Using-Internet-Tools-on-Enhancing-EFL-Students-Speaking-Skill.pdf
Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Indonesia, 2002.
P. Anugerah. (2019. Okt. 28). Influencer dan buzzer: bagaimana generasi Z memakai media sosial untuk gerakan sosial dan politik [Online]. Available: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-50204476
R. W. Agustin and M. Ayu. “The impact of using Instagram for increasing vocabulary and listening skill”, Journal of English Language Teaching and Learning, vol. 2, no. 1. 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i1.767
R. P. Oktiana and F. P. Sari. “Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar di desa Bener kecamatan Majenang”, vol. 5, no. 2. 2022, doi: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.55212
S. N. Chamidah. “Pemanfaatan apliaksi Canva dan Padlet untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks caption”, vol. 17, no. 1. 2022. Available: http://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/191
D. M. Vidhiasi. “the implementation of repetition and chain drill at Akademi Maritim Nusantara Cilacap”, vol. 2, no. 1. 2020, doi: https://doi.org/10.54012/jcell.v2i1.54