Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Tahfidz Al-Maun Maguwoharjo
Corresponding Author(s) : Zain Maulana
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris santri Pondok Tahfidz Al-Maun di Maguwoharjo dalam rangka meningkatkan daya saing santri baik dalam dunia kerja maupun melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Pelatihan ini lebih fokus pada aspek peningkatan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dibandingkan pada aspek lainnya, seperti menulis maupun membaca tulisan berbahasa Inggris. Secara umum, kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dapat menstimulus kepercayaan diri seseorang dalam mempelajari aspek-aspek bahasa Inggris lainnya. Pada poin ini, pengabdian ini melakukan sejumlah kegiatan seperti focus group discussion, presentasi, dan diskusi atau percakapan berpasangan dalam rangka meningkatkan praktik penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Farid and M. Lamb, “English for Da'wah? L2 motivation in Indonesian pesantren schools,” System, Vol. 94, pp. 102310, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102310.
- C. Nuraeni, Jimmi, dan Aprilia, “Pelatihan dasar-dasar Bahasa Inggris bagi santri Yayasan Wihdatul Ummah menggunakan teknik Dictoglos,” Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa, Vol. 1, No. 1, 2021, pp. 28-33, doi: https://doi.org/10.31294/abdikom.v1i1.341.
- D. Brannes and P. Ginnis, “ A gudie to student-centred learning,” Nelson Thornes, 1996.
- E. Agustina, A. Rohmah, dan H. R. Kuspiyah, “Pendampingan bimbingan belajar Bahasa Inggris dan bakti sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab,” Jurnal Indonesia Mengabdi, Vol. 1. No. 1, 2019, pp. 1-5, doi: https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.415.
- J. Eyler, “The power of experiential education,” Liberal education, Vol. 95, No 4, 2009, pp. 24-31.
- S. A. Ambrose and L. Poklop, “Do students really learn from experience?,” Change: the magazine of higher learning, Vol. 47, No. 1, 2015, pp. 54-61, 2015, doi: https://doi.org/10.1080/00091383.2015.996098.
- S. Ariwibowo, A. Yuliastuti, dan C. Pujimahanani, “Pelatihan Bahasa Inggris santri Pondok Pesentren Bismar Al-Mustaqim Surabaya dengan pendekatan fungsional,” Repository.unitomo.ac.id, 2020.
- S. S. Nasution, B. Irawan, A. Aziz, A. Ahmad, dan Suwardi, “Pelatihan debat parlementer untuk meningkatkan motivasi santri dalam berbicara Bahasa Inggris,” Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 2020, pp. 92-104.
References
A. Farid and M. Lamb, “English for Da'wah? L2 motivation in Indonesian pesantren schools,” System, Vol. 94, pp. 102310, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102310.
C. Nuraeni, Jimmi, dan Aprilia, “Pelatihan dasar-dasar Bahasa Inggris bagi santri Yayasan Wihdatul Ummah menggunakan teknik Dictoglos,” Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa, Vol. 1, No. 1, 2021, pp. 28-33, doi: https://doi.org/10.31294/abdikom.v1i1.341.
D. Brannes and P. Ginnis, “ A gudie to student-centred learning,” Nelson Thornes, 1996.
E. Agustina, A. Rohmah, dan H. R. Kuspiyah, “Pendampingan bimbingan belajar Bahasa Inggris dan bakti sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab,” Jurnal Indonesia Mengabdi, Vol. 1. No. 1, 2019, pp. 1-5, doi: https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.415.
J. Eyler, “The power of experiential education,” Liberal education, Vol. 95, No 4, 2009, pp. 24-31.
S. A. Ambrose and L. Poklop, “Do students really learn from experience?,” Change: the magazine of higher learning, Vol. 47, No. 1, 2015, pp. 54-61, 2015, doi: https://doi.org/10.1080/00091383.2015.996098.
S. Ariwibowo, A. Yuliastuti, dan C. Pujimahanani, “Pelatihan Bahasa Inggris santri Pondok Pesentren Bismar Al-Mustaqim Surabaya dengan pendekatan fungsional,” Repository.unitomo.ac.id, 2020.
S. S. Nasution, B. Irawan, A. Aziz, A. Ahmad, dan Suwardi, “Pelatihan debat parlementer untuk meningkatkan motivasi santri dalam berbicara Bahasa Inggris,” Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 2020, pp. 92-104.