Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SD Muhammadiyah Kliwonan dengan Media Interaktif Powerpoint
Corresponding Author(s) : Sri Ani Puji Setiawati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris perlu diperkenalkan sejak dini di era 5.0 sekarang. Oleh karenanya, tim Abdimas UMY bekerjasama dengan mitra PPM Muhammadiyah yaitu SD Muhammadiyah Kliwonan mengadakan pelatihan Bahasa Inggris untuk para siswa dengan menggunakan media interaktif powerpoint. Tim dan mitra menyepakati dua masalah prioritas, yakni: 1) Aspek Fasilitas: Tim memberikan media interaktif powerpoints untuk belajar Bahasa Inggris para siswa, 2) Aspek Sumber Daya Manusis (SDM): Tim menyelenggarakan pelatihan pembuatan media interaktif dengan powerpoints agar guru nantinya mamu membuat media belajar secara mandiri.
Tujuan khusus dari program ini adalah memberikan fasilitas baru yaitu media interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa untuk belajar mandiri di rumah. Selain itu, rogram ini juga ditujukan untuk meningkatkan potensi guru dalam mengajar dan memberikan variasi metode pengajaran.
Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat (participatory rural appraisal). Pendekatan ini menekankan pada alih ipteks dan metode pelaksanaan kepada mitra (SD Muhammadiyah Kliwonan) dengan harapan aspek keberlanjutan pasca kegiatan ini dapat terjamin terus berjalan. Kegiatan dilakukan selama empat bulan. Prosedur kerja kegiatan terdiri dari persiapan, sosialisasi, pre-test, dilanjutkan dengan evaluasi Bersama dalam bentuk post-test untuk para siswa setelah mendapatkan fasilitas dari tim pengabdian, serta terakhir pelaporan dan publikasi. Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris siswa yang mengikuti pelatihan, didukung dengan penghitungan jumlah skor nilai yang meningkat. Temuan ini mengungkap bahawa kegiatan pengabdian masyarakt ini berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para peserta
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49-56. Https://Ejournal.Staisyamsululum.Ac.Id/Index.Php/Jtt/Article/View/71
- Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69-77.
- Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 298-303.
- Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu: Jurnal Of Elementary Education, 4(4), 775-783. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/445
- Firmansyah, F. H., Sari, I. P., & Musyarofah. (2019, Desember). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Terbuka Dan Jarak Jauh Di Universitas Pendidikan Indonesia. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 99-108. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Edsence/Article/View/21667
- Kurniati, I. D., & Nita, S. -. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal Of Computer And Information Technology, 1(2), 68-75. Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Doubleclick/Article/View/1540
- Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275-281. Https://Jurnalfkip.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jppm/Article/View/2817
- Maili, S. N. (2018, Maret). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28. Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Judika/Article/View/1203
- Mubarak, R. (2013). Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 25-38. Http://Ejournal.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Madrasah/Article/View/3295
- Munira. (2019, November). Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Sd Negeri Binaan Kota Lhokseumawe. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(6), 897-908. Http://Ojs.Serambimekkah.Ac.Id/Serambi-Akademika/Article/View/1621
- Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Sasindo/Article/View/8354
- Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
- Rusydi, S.T. R. (2016). Peran Muhammadiyah ( Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh). Jurnal Tarbawi, 1(2), 140-148. Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Tarbawi/Article/View/367
- Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020, Desember). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13. Https://Journal.Uwks.Ac.Id/Index.Php/Trapsila/Article/View/1070
- Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vote Teknika, 7(2), 79-85. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Voteknika/Article/View/104261.
References
Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49-56. Https://Ejournal.Staisyamsululum.Ac.Id/Index.Php/Jtt/Article/View/71
Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69-77.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 298-303.
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu: Jurnal Of Elementary Education, 4(4), 775-783. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/445
Firmansyah, F. H., Sari, I. P., & Musyarofah. (2019, Desember). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Terbuka Dan Jarak Jauh Di Universitas Pendidikan Indonesia. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 99-108. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Edsence/Article/View/21667
Kurniati, I. D., & Nita, S. -. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal Of Computer And Information Technology, 1(2), 68-75. Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Doubleclick/Article/View/1540
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275-281. Https://Jurnalfkip.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jppm/Article/View/2817
Maili, S. N. (2018, Maret). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28. Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Judika/Article/View/1203
Mubarak, R. (2013). Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 25-38. Http://Ejournal.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Madrasah/Article/View/3295
Munira. (2019, November). Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Sd Negeri Binaan Kota Lhokseumawe. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(6), 897-908. Http://Ojs.Serambimekkah.Ac.Id/Serambi-Akademika/Article/View/1621
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96. Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Sasindo/Article/View/8354
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Rusydi, S.T. R. (2016). Peran Muhammadiyah ( Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh). Jurnal Tarbawi, 1(2), 140-148. Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Tarbawi/Article/View/367
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020, Desember). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13. Https://Journal.Uwks.Ac.Id/Index.Php/Trapsila/Article/View/1070
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vote Teknika, 7(2), 79-85. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Voteknika/Article/View/104261.