Pengembangan Perpustakaan Sekolah untuk Kesejahteraan Sekolah Dasar Muhammadiyah Lemahdadi
Corresponding Author(s) : Cahyo Setiadi Ramadhan
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Anak rentan mengalami masalah psikologis. Kondisi ini juga ada pada siswa di SD Unggulan Muhammadiyah (SDUM) Lemahdadi, Bantul. Di sisi lain, guru juga rentan mengalami stres. Diperlukan upaya untuk mencegah guru dan siswa (warga sekolah) dari mengalami masalah psikologis. Langkah yang bisa diambil yaitu meningkatkan kesejahteraan psikologis. Salah satu bentuk untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis yaitu berupa intervensi tingkat makro atau menciptakan sistem yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Perpustakaan sekolah dapat menjadi salah satu bentuk intervensi makro. Pengabdian masyarakat ini mencoba mengembangkan perpustakaan sekolah dengan maksud tersebut. Proses pengembangan dimulai dari meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental, peningkatan pengetahuan tentang hubungan perpustakaan dengan perpustakaan, tentang pengelolaan perpustakaan, dan pengembangan perlengkapan perpustakaan. Hasil kegiatan-kegiatan tersebut menunjukkan adanya kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental, peningkatan pengetahuan mengenai perpustakaan dan kesehatan mental, pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan, dan penambahan fasilitas. Terdapat pula hasil sampingan berupa pembangunan jaringan sekolah dengan pustakawan profesional yang dapat membantu proses pengembangan perpustakaan berikutnya
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- B. W. K. Lau, "Stress in children: Can nurses help?," Pediatric nursing, vol. 18, no. 1, p. 13–19, 2022.
- M. K. Snooks, Health Psychology: Biological, Psychological, and Sociocultural Perspectives. 1st edition, Sudbury: Jones & Bartlett Learning, 2008, pp. 169-184.
- Barseli, M., Ifdil, I. &. Nikmarijal, N., "Konsep Stres Akademik Siswa," Jurnal Konseling dan Pendidikan, vol. 5, no. 3, pp. 143-148, 2017.
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
- Kebbi, M., & Al-Hroub, A. (2018). Stress and coping strategies used by special education and general classroom teachers. International Journal of Special Education, 33(1), 34–61.
- Lambert, R., Boyle, L., Fitchett, P., & McCarthy, C. (2019). Risk for occupational stress among U.S. kindergarten teachers. Journal of Applied Developmental Psychology, 61, 13–20. Doi: https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.07.003
- Gaol, N.T.L (2021). Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1):17-28.
- Fathonah, S., & Renhoran, C.R. (2021). Gambaran Tingkat Stress Guru Madrasah Aliyah di Jakarta Selatan Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1): 57-71.
- Kosidou, K., Dalman, C., Lundberg, M. Hallqvist, J., Isacsson, G., & Magnusson, C., (2011). Socioeconomic status and risk of psychological distress and depression in the Stockholm Public Health Cohort: A population-based study. Journal of Affective Disorders 134(1-3):160-167. Doi:10.1016/j.jad.2011.05.024
- Lam, J.R., Tyler J., Scurrah, K.J., Reavley, N.J. & Dite, G.S. (2019) The Association between Socioeconomic Status and Psychological Distress: A Within and Between Twin Study. Twin Research and Human Genetics 22(5): 312-320. Doi: 10.1017/thg.2019.91.
- Islam, F.M.A. (2019) Psychological distress and its association with socio-demographic factors in a rural district in Bangladesh: A cross-sectional study. PLoS One, 4(3):e0212765 Doi: 10.1371/journal.pone.0212765
- Gibson, R. L., & Mitchell, M.H. (2010) Bimbingan dan konseling. Edisi ketujuh. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Mulyadi (2016) Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Kencana.
- https://ugm.ac.id/id/berita/9712-sekolah-miliki-peran-penting-bagi-kesehatan-jiwa
- Smith, Megan, "Libraries and Mental Health Initiatives: A literature review" (2021). Library Philosophy and Practice (e-journal). 5663. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/5663
- https://www.apa.org/monitor/2020/04/libraries-health-hubs
- Sugianto, D., 2015. Peran Perpustakaan Dalam Membentuk Karakater Manusia Sehat Mental Melalui Biblioterapi, Info Persadha, 13 (1): 29-34.
References
B. W. K. Lau, "Stress in children: Can nurses help?," Pediatric nursing, vol. 18, no. 1, p. 13–19, 2022.
M. K. Snooks, Health Psychology: Biological, Psychological, and Sociocultural Perspectives. 1st edition, Sudbury: Jones & Bartlett Learning, 2008, pp. 169-184.
Barseli, M., Ifdil, I. &. Nikmarijal, N., "Konsep Stres Akademik Siswa," Jurnal Konseling dan Pendidikan, vol. 5, no. 3, pp. 143-148, 2017.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Kebbi, M., & Al-Hroub, A. (2018). Stress and coping strategies used by special education and general classroom teachers. International Journal of Special Education, 33(1), 34–61.
Lambert, R., Boyle, L., Fitchett, P., & McCarthy, C. (2019). Risk for occupational stress among U.S. kindergarten teachers. Journal of Applied Developmental Psychology, 61, 13–20. Doi: https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.07.003
Gaol, N.T.L (2021). Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1):17-28.
Fathonah, S., & Renhoran, C.R. (2021). Gambaran Tingkat Stress Guru Madrasah Aliyah di Jakarta Selatan Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1): 57-71.
Kosidou, K., Dalman, C., Lundberg, M. Hallqvist, J., Isacsson, G., & Magnusson, C., (2011). Socioeconomic status and risk of psychological distress and depression in the Stockholm Public Health Cohort: A population-based study. Journal of Affective Disorders 134(1-3):160-167. Doi:10.1016/j.jad.2011.05.024
Lam, J.R., Tyler J., Scurrah, K.J., Reavley, N.J. & Dite, G.S. (2019) The Association between Socioeconomic Status and Psychological Distress: A Within and Between Twin Study. Twin Research and Human Genetics 22(5): 312-320. Doi: 10.1017/thg.2019.91.
Islam, F.M.A. (2019) Psychological distress and its association with socio-demographic factors in a rural district in Bangladesh: A cross-sectional study. PLoS One, 4(3):e0212765 Doi: 10.1371/journal.pone.0212765
Gibson, R. L., & Mitchell, M.H. (2010) Bimbingan dan konseling. Edisi ketujuh. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyadi (2016) Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Kencana.
https://ugm.ac.id/id/berita/9712-sekolah-miliki-peran-penting-bagi-kesehatan-jiwa
Smith, Megan, "Libraries and Mental Health Initiatives: A literature review" (2021). Library Philosophy and Practice (e-journal). 5663. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/5663
https://www.apa.org/monitor/2020/04/libraries-health-hubs
Sugianto, D., 2015. Peran Perpustakaan Dalam Membentuk Karakater Manusia Sehat Mental Melalui Biblioterapi, Info Persadha, 13 (1): 29-34.