PENGEMBANGAN KAPASITAS USAHA WARGA MUHAMMADIYAH DI PCM KASIHAN
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2022: 1. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Publik
Abstract
Mitra dalam program ini adalah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kasihan, Bantul.. Persoalan yang dihadapi saat ini oleh pengusaha warga Muhammadiyah adalah semakin rendahnya permintaan produk hasil olahan.
Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha untuk meningkatkan permintaan produk hasil olahan ini, melalui penumbuhan pemahaman akan strategi pemasaran yang tepat untuk dilakukan, serta pengelolaan keuangan yang benar
Berdasar pada masalah serta pemecahan masalah yang sudah disampaikan, maka untuk aspek pemasaran, metode pemecahan masalah yang dipakai adalah pemberian penyuluhan tentang strategi pemasaran produk dan pemasaran berbasis tehnologi. Sedang untuk aspek Keuangan, metode pemecahan masalah yang dipakai adalah penyuluhan tentang perencanaan keuangan dalam bisnis
Hasil pengabdian masyarakat adalah :1) peserta memahami strategi inovasi produk serta berbagai penggunaan media masa dalam pemasaran produk 2) peserta dapat menyususn perencanaan keuangan usaha
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Buchari Alma,(2011), Kewirausahaan, Bandung: alfabeta, Cet. Ke-12 h.196
- Lovelock, (2010), Pemasaran Jasa Terjemahan, Jakarta: Erlangga,
- Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., (2013), Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga..
- Riyoko, S dan Lofian B, (2020), Model Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Jepara, E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, volume 21, no. 2.
- Subejo. 2010. Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Extention.
References
Buchari Alma,(2011), Kewirausahaan, Bandung: alfabeta, Cet. Ke-12 h.196
Lovelock, (2010), Pemasaran Jasa Terjemahan, Jakarta: Erlangga,
Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., (2013), Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga..
Riyoko, S dan Lofian B, (2020), Model Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Jepara, E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, volume 21, no. 2.
Subejo. 2010. Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Extention.