Pengaruh Askes Terhadap Kesehatan Anak di Indonesia

Authors

  • Ardya Setya Rahmadi
  • Pryo Sejati
  • Riza Muhammad Akbar

Keywords:

Askes, kesehatan anak, Indonesia, Ordered logit

Abstract

Kesehatan anak merupakan aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Salah satu faktor yang berperan penting dalam menentukan kesehatan anak adalah askes terhadap pelayanan kesehatan. Di Indonesia, masih terdapat berbagai tantangan dalam mencapai askes yang merata dan berkualitas bagi anak-anak di seluruh negeri. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh askes terhadap kesehatan anak di indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indonesian Family Life Surfey (IFLS-5) tahun 2014. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah askes, ageortu, agekids, educortu, genderkids, lsalary, urban, java.  Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh askes terhadap kesehatan anak di Indonesia adalah metode ordered logit. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh askes terhadap kesehatan anak di Indonesia. Hal ini dapat memberikan wawasan bagi pemerintah, orang tua, lembaga asuransi, dan penyedia layanan kesehatan dalam merencanakan dan melaksanakan kebijakan yang berfokus pada perbaikan kualitas kesehatan anak di Indonesia. Penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan pemahaman tentang peran asuransi kesehatan dalam meningkatkan kesehatan anak di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, pencegahan penyakit, dan pengobatan yang efektif bagi anak-anak di Indonesia.

References

Afrilla, S, S. (2017). Transformasi PT ASKES (Persero) menjadi badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan. Jurnal Kajian Komunikasi, 180-189.

Azmi, F. E. (2022). Dampak Program Asuransi Kesehatan (ASKES) Terhadap Pembiayaan Rawat Jalan di Indonesia. HIMIE Economics Reseatch and Olympiad (HERO), 149-153.

Basuki, U. (2020). Merunut Konstitusionalisme Hak Atas Pelayanan Kesehatan Sebagai Hak Asasi Manusia. Jurnal Hukum Caraka Justitia

Karimah, D. N. (2015). Pengaruh Pemenuhan Kesehatan Anak Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-146.

Kusworini, J. H. (2004). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Upaya Pengendalian Biaya Pelayanan Kesehatan Peserta PT. ASKES di Puskesmas Kota Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 27-33.

Published

2024-02-26

How to Cite

Rahmadi, A. S. ., Sejati, P. ., & Akbar, R. M. (2024). Pengaruh Askes Terhadap Kesehatan Anak di Indonesia. HIMIE Economics Research and Olympiad (HERO), 2(1). Retrieved from https://prosiding.umy.ac.id/hero/index.php/hero/article/view/60