Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Kesehatan Rumah Tangga di Indonesia

Authors

  • Muhammad Anugerah Ardan
  • Alifka Faishal Ardan
  • Mochammad Iqbal Muzakki

Keywords:

Indonesia, pengeluaran kesehatan, pendidikan, rumah tangga

Abstract

Pengeluaran kesehatan rumah tangga merujuk pada jumlah uang atau sumber daya finansial yang digunakan oleh sebuah rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan kesehatan anggota-anggotanya. Ini mencakup pengeluaran yang dilakukan untuk pencegahan penyakit, perawatan medis, obat-obatan, pemeriksaan kesehatan, layanan kesehatan mental, peralatan medis, biaya rumah sakit, asuransi kesehatan, dan berbagai bentuk layanan kesehatan lainnya yang berkaitan dengan anggota rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pengeluaran kesehatan dalam rumah tangga di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode tobit. Hasil analisis, bahwa terdapat hubungan positif antara jumlah anak dalam rumah tangga dengan pengeluaran kesehatan yang meningkat. Rumah tangga yang berada di wilayah perkotaan cenderung mengalokasikan jumlah dana yang lebih besar untuk pengeluaran kesehatan dibandingkan dengan rumah tangga yang berada di wilayah pedesaan. Peningkatan tingkat pendidikan kepala rumah tangga berkorelasi dengan peningkatan pengeluaran kesehatan. semakin tinggi pendapatan kepala rumah tangga maka pengeluaran kesehatan tinggi, sementara itu, kepala keluarga yang tidak bekerja memiliki pengeluaran kesehatan yang lebih rendah daripada kepala keluarga yang sudah bekerja.

References

Etavianti, Syechalad, M. N., & Syahnur, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Konsumsi Kesehatan Rumah Tangga Masyarakat Miskindi Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmu Ekonomi, 65-75.

Lestari, M. A., & Emalia, Z. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Kesehatan Rumah Tangga di Kelurahan Penengahan Raya. E-journal Field of Economics, Business, and Entrepreneurship (EFEBE), 1 (2), 108-120.

Nadjib, M dan Pujiyanto. (2002). pola Pengeluaran Rumah Tangga untuk Kesehatan pada Kelompok Marjinal dan Rentan, Makara Kesehatan, Volume 6 nomor 2 hal. 35-46.

Pal, R. (2010). Analysing Catastrophic OOP Health Expenditure in India: Concepts, Determinants and Policy Implications. Working Paper of Indira Gandhi Institute of Development Research, No. 001.

Suryawati, C. W., & Wilopo, A. B. (2016). Determinan pengeluaran kesehatan di Indonesia: Analisis data Susenas 2012. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 10(4), 188-194.

Wuryandari, R. D. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Makanan, Pendidikan, dan Kesehatan Rumah Tangga Indonesia (Analisis Data Susenas 2011). Jurnal Kependudukan Indonesia, Vol. 10 No. 1:27-42.

Zikidou, S., & Hadjidema, S. (2020). Household Health Expenditure in Greece and the Impact of Financial Crisis. Munich Personal RePEC Archive (MPRA Paper), No. 99388.

Published

2024-02-26

How to Cite

Ardan, M. A. ., Ardan, A. F. ., & Muzakki, M. I. . (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Kesehatan Rumah Tangga di Indonesia. HIMIE Economics Research and Olympiad (HERO), 2(1). Retrieved from https://prosiding.umy.ac.id/hero/index.php/hero/article/view/57