DIGITAL MARKETING UNTUK OPTIMALISASI PROMOSI BUMDES
Corresponding Author(s) : Parwoto Parwoto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) diyakini sebagai salah satu lokomotif penggerak perekonomian desa. Namun dalam kondisi pandemi Covid-19, BUMDes Jati Unggul tumbuh tertatih-tatih khususnya dua unit usaha barunya. Faktor utama yang menjadi pemicunya adalah kurang siapnya SDM dan manajemen dalam promosi dan pemasaran secara online. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada BUMDes Jati Unggul dalam promosi dan pemasaran online sehingga tetap survive, tumbuh, dan berkembang meskipun di masa Covid-19 seperti sekarang ini. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi; 1) observasi dan pendataan, 2) penyusunan program, 3) sosialisasi dan persiapan, 4) pelaksanaan, dan 5) pelaporan. Berdasarkan hasil observasi dan analisis permasalahan dan potensi mitra, program-program yang disepakati dan berhasil dilaksanakan meliputi; 1) branding, 2) promotion/marketing, 3) education, dan 4) facilitating (stimulant bantuan). Hasil pengabdian untuk mitra resto Bukit Cubung meliputi; 1) desain (baru) menu resto, 2) desain banner/rontek, 3) desain box nasi, 4) akun Grab Food dan Go Food, 5) video profil dan edukasi 3M (youtube). Hasil untuk mitra unit jasa pertanian dan perdagangan, meliputi; 1) desain kemasan/packaging, 2) akun shopee dan bukalapak, dan 3) video profil (youtube).
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX