DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN
Corresponding Author(s) : Edi Supriyono
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Mitra dalam program ini adalah pimpinan Laa Raiba Catering yang berlokasi di Jeblok, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Persoalan yang dihadapi oleh Laa raiba Catering saat ini adalah semakin rendahnya permintaan produk hasil olahan catering ini. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra akan strategi diversifikasi produk dan menerjemahkanya dalam aspek produksinya. Berdasar pada masalah serta pemecahan masalah yang sudah disampaikan, maka untuk aspek pemasaran, metode pemecahan masalah yang dipakai adalah penyuluhan tentang strategi diversifikasi produk. Sedang untuk aspek produksi, metode pemecahan masalah yang dipakai adalah pelatihan pembuatan produk yang berbahan tepung terigu yang bernilai jual. Simpulan pengabdian masyarakat adalah :1) pemilik catering Laa Raiba dapat memahami dan menerapkan strategi diversifikasi produk serta 2) dapat menterjemahkan strategi tersebut dalam aspek produksinya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX