PEMBERDAYAAN TATA KELOLA KELOMPOK KARAWITAN DAN UMKM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PROMOSI BUDAYA JAWA
Corresponding Author(s) : Dyah Mutiarin
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan terhadap masyarakat yang bekerja di industri seni dan budaya. Pendampingan “Tata Kelola Kelompok Karawitan dan UMKM berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kegiatan perekonomian desa berbasis digital atau dDigitalisasi UMKM. Pertama, akan ada peningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam melakukan digital marketing, pengetahuan tentang marketplace, serta pembuatan media sosial UMKM, kelompok karawitan, dan pertunjukkan daring. Metode yang dilakukan adalah melalui pendampingan dan pelatihan promosi grup karawitan berbasis digital. Hasilnya ada peningkatkan kapasitas Kelompok Karawitan Guyub Mukti Laras dalam melakukan digital marketing, pengetahuan tentang media sosial, pembuatan media sosial kelompok dan pengenalan branding di media sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX