PEMBERDAYAAN TATA KELOLA UMKM KRIPIK KENTANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Corresponding Author(s) : Dyah Mutiarin
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan terhadap masyarakat yang sektor UMKM. UMKM Kripik Kentang juga memiliki permasalahan yang sama, yaitu kurangnya pemahaman mengenai digital marketing, yaitu promosi dan penjualan secara online dengan memanfaatkan jejaring sosial atau platform. Permasalahan lainnya yaitu packaging yang kurang menarik serta perlunya sumber daya manusia (SDM) yang memahami digital marketing dan marketplace. Selain itu, selama pandemi COVID-19 UMKM Kripik Kentang juga mengalami penurunan omset sekitar 75-80%. Pendampingan tata kelola UMKM Kripik Kentang berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kegiatan perekonomian desa berbasis digital atau digitalisasi UMKM. Metode yang dilakukan adalah melalui pendampingan dan pelatihan promosi kuliner berbasis digital. Hasilnya ada peningkatkan kapasitas kelompok UMKM Dasawisma IV, Maguwo, Banguntapan dalam melakukan digital marketing, pengetahuan tentang media sosial, pembuatan media sosial kelompok dan pengenalan branding di media sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX