PENGEMBANGAN USAHA KHAMIR LABU KUNING DAN KERIPIK BELUT SERTA PENINGKATAN KEORGANISASIAN KARANGTARUNA
Corresponding Author(s) : Yoni Astuti
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Produksi labu kuning di Sidoarum dan keripik belut di Sidoagung mengalami penurunan penjualan di masa pandemi Covid-19 ini. Pembukuan yang sederhana dan praktis dibutuhkan kedua usaha tersebut untuk mengetahui dan mengontrol untung rugi penjualannya. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan khamir labu kuning dan keripik belut . Metode yang digunakan yaitu dengan pelatihan dan diskusi pembukuan serta loka karya pemasaran digital serta memperindah tampilan kemasan. Kondisi lain di Dusun Sidoagung terdapat kepengurusan baru Karang Taruna Desa Sidoagung. Pengurus baru membutuhkan penambahan pengetahuan tentang keorganisasian di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapan dalam kepengurusan organisasi karang taruna agar berjalan dengan baik di era pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dengan pelatihan dan workshop keorganisasian. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil kegiatan ini adalah adanya akun resmi Instagram yaitu @waroeng amanah khamir labu dan Instagram kripik belut Sarbinah untuk mendukung marketing di era digital serta tampilan baru kemasan labu kuning dan keripik belut. Sedangkan karang taruna dengan pembekalan keorganisasian, mengajar TPA dan hibah wastafel portabel untuk mendukung kegiatan offline karang taruna. Sebagai simpulan kegiatan ini sangat diapresiasi mitra dan nantinya dapat membantu mengembangkan usaha khamir dan keripik belut serta meningkatkan peran karang taruna dalam pengembangan Desa Sidoagung.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX