OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMULIHAN USAHA KERAJINAN GERABAH
Corresponding Author(s) : Rita Kusumawati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk membantu mitra memulihkan usahanya melalui pemasaran digital. Mitra dalam program pengabdian ini adalah Minnis Gallery. Usaha yang dirintis sejak tahun 2010 oleh bapak Pusoko Bintoro, ini memproduksi dan menjual gerabah di daerah Kasongan. Selama ini minnis galery melayani pembeli dari luar negeri maupun dalam negeri, baik itu pembeli(konsumen) akhir maupun reseller. Rata rata pendapatan bersih mitra perbulan sebesar Rp.. 30.000.000,-. Namun sejak pandemi covid 19 melanda Indonesia dan juga seluruh dunia, mitra menghadapi permasalahan yaitu turunnya penjualan produk hingga 80 %.. Turunnya penjualan tersebut berdampak pada aspek-aspek lainnya yaitu proses produksi gerabah untuk sementara dihentikan, karyawan yang dimiliki sebanyak 12 orang terpaksa dirumahkan dulu.. Kondisi keuangan mitra saat ini mulai mengalami kesulitan likudititas. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka solusinya adalah dengan pengaplikasian digital marketing melalui media social (instagram), dan marketplace. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah: FGD, pelatihan dan pendampingan, dan pengadaan media promosi. Hasil yang didapatkan dari program ini adalah:mitra memiliki: papan nama usaha yg baru dan menarik, instagram dengan desain feed dan konten yang menarik, akun penjualan di marketplace shopee & tokopedia,serta mitra bisa mengaplikasikan pemasaran digital pada usahanya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX