STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN DAN PENJUALAN MELALUI PEMBUATAN WEBSITE DAN E-MARKETING
Corresponding Author(s) : Hosam Alden Riyadh
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Perkembangan UMKM setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlahnya. Tahun 2017-2018 mengalami peningkatan sebesar 1,2 juta. COVID-19 sendiri memberikan pengaruh yang sangat tinggi bagi pelaku usaha, seperti kegiatan pemasaran. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha. Pelaku usaha yang berada di Desa Sumberagung merupakan salah satu obyek usaha yang bisa dikembangan karena terkenal dengan kerajinan eceng gondok. Salah satu cara untuk marketing dalam era digital dan kondisi Pandemic saat ini adalah dengan melakukan kegiatan pemasaran secara digital/online. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan dan memberikan strategi pemasaran dan penjualan melalui media digital dan e-marketing. Metode yang dilakukan yaitu dengan memberikan sosialisasi dan pembuatan media untuk pemasaran digital bagi pelaku usaha di Desa Sumberagung. Hasil dari kegiatan ini adalah warga di Desa Sumberagung sebanyak 20 orang diwakili 3 orang pelaku UMKM melakukan sosialisasi, diskusi dan pelatihan mengenai pembuatan website dan E-Marketing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi Pelaku usaha dan mampu untuk memasarkan produk lebih luas.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX