Pengembangan UMKM Melalui Media Marketplace pada Karang Taruna Kota Yogyakarta
Corresponding Author(s) : Radyan Dananjoyo
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Karang Taruna merupakan suatu organisasi mitra pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Tulang punggung pelaksana Karang Taruna adalah generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Salah satu agenda pengembangan Karang Taruna adalah pemberdayaan kegiatan UMKM. Melalui UMKM diharapkan dapat melahirkan bisnis yang berdasarkan ekoonomi kreatif. UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki kontribusi sebesar 79,6% terhadap pertumbuhan ekonomi DIY. Sehingga pemberdayaan UMKM memiliki peran penting bagi ekonomi di DIY pada umumnya dan Kota Yogyakarta pada khususnya. Pada umumnya UMKM beroperasi pada wilayah lokal dan memiliki kendala untuk mengembangkan pasar diluar wilayah produksinya. Saat ini situasi ini makin memprihatinkan dengan adanya pandemi Covid-19, makin banyak UMKM yang memiliki kesulitan untuk bertahan. Kesulitan akses pemasaran UMKM disebabkan oleh kurangnya akses permodalan dan pengetahuan. Salah satu solusi yang bisa dikembangkan untuk membantu UMKM di tengah pandemi Covid-19 adalah optimalisasi pemasaran melalui media marketplace. Melalui marketplace diharapkan UMKM mampu mengembangkan area pemasarannya sehingga dapat menghidupkan kembali bisnisnya secara bertahap.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX