PEMBERDAYAAN EKONOMI PARA TUNANETRA ANGGOTA PERTUNI DI MASA PANDEMI
Corresponding Author(s) : Hasnah Rimiyati
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan PERTUNI (Persatuan Tuna Netra Indonesia) cabang Sleman Yogyakarta, pertimbangan memilih mitra karena ada permasalahan yang dihadapi para anggota di masa pandemi ini. Pertama, menurunnya pendapatan dari usaha jasa pijat sehat sejak masa pandemi Covid 19 berlangsung hingga saat ini; kedua, masih rendahnya kualitas layanan jasa. Solusi dari permasalahan tersebut adalah: 1) perlu upaya melakukan pemasaran melalui promosi online dengan memanfaatkan media sosial facebook dan whatshApp bisnis, agar dapat menyampaikan informasi mengenai layanan jasa mereka kepada konsumen; 2) perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan kualitas layanan prima (service excellent) bagi peserta. Metode pelaksanaan dalam penyelesaian masalah tersebut adalah: 1) Mensosialisasikan program kepada mitra agar implementasi program sesuai kebutuhan dan menentukan jumlah peserta; 2) Melaksanakan peningkatan kapasitas SDM, melalui pelatihan IT dan Pelatihan kualitas layanan prima (service excellent); 3) Pendampingan pada peserta pasca pelatihan. Hasilnya, melalui pelatihan IT peserta dapat membuat akun facebook dan whatshApp bisnis, saat ini para peserta sudah memiliki akun bisnis serta dapat mengoperasikan akun bisnisnya di medsos untuk mempromosikan bisnis jasanya. Melalui pelatihan kualitas sumber daya manusia kemampuan peserta lebih baik dalam melayani pengguna jasa. Berbekal ketrampilan yang diberikan diharapkan dapat membantu peserta memperoleh penghasilan guna pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX