UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SARANA TEKNOLOGI DAN INFORMASI
Corresponding Author(s) : Arif Humaini
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Salah satu produksi kerajinan tangan yang selama ini telah dikembangkan di masyarakat dusun Jipangan adalah berupa souvenir atau cinderamata yang berupa kipas dan tas. Para pelaku usaha di Dusun ini adalah pada umumnya sudah berusia 40 tahun ke atas, dan usaha yang mereka bangun merupakan pekerjaan utama. Sehingga permasalahan utama yang dihadapi adalah pengetahuan mereka terhadap sarana media teknologi yang pada saat ini mau tidak mau harus digunakan bagi masyarakat pelaku usaha, sarana bidang teknologi yang dipergunakan sebagai pendukung untuk pemasaran produk hingga promosi. Kebutuhan terhadap penggunaan sarana teknologi ini sangat diperlukan di masa pandemi seperti ini yang serba online. Oleh karena itulah, kami menggunakan metode pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat serta pendampingan sehingga program pemberdayaan kepada masyarakat ini bisa langsung dipraktekkan dan memberikan manfaat secara langsung. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat dan pastinya bisa memberikan implikasi peningkatan promosi untuk mendongkrak daya jual dari produk hasil kerajinan yang dikembangkan oleh masyarakat.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX