OPTIMALISASI MARKETING TERHADAP UMKM APRI’S SILVER PADA MASA PANDEMI
Corresponding Author(s) : Sriyadi Sriyadi
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Kelurahan Purbayan terdiri dari 14 Rukun Warga (RW) dan 58 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah Kepala Keluarga 3302 KK dan jumlah penduduk 10.176 jiwa. Salah kampung yang berpotensi di Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta adalah Kampung Basen. Kampung Basen sendiri telah diresmikan sebagai kampung wisata berbasis potensi UMKM. Kampung Basen ini termasuk desa yang memiliki sumber daya manusia yang baik dibuktikan dengan banyaknya pengrajin salah satunya pengrajin perak Apri”s Silver. Pengrajin perak ini membuat beraneka ragam kerajinan yang dapat dikembangkan. Permasalahan yang dihadapi pengrajin salah satunya adalah kurangnya pemasaran yang dilakukan untuk menarik minat pembeli apalagi saat pandemi, termasuk belum mempunyai kemasan atau packaging yang menarik. Tujuan dari pengabdian ini (1). mengetahui kemasan (packaging) kerajinan perak yang menarik, dan (2). memfasilitasi pembuatan kemasan (packaging) kerajinan perak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian (1). penyuluhan dan diskusi, kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan, ceramah dan diskusi tentang kemasan (Packaging) produk kerajinan, dan (2). demonstrasi dan praktek. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa fasilitasi pembuatan kemasan yang menarik diikuti dengan antusias oleh pengrajin. Kepada para pengrajin diserahkan bantuan berupa 12 set kemasan yang menarik dengan 3 ukuran. Perlu pendampingan perguruan tinggi yang berkesinambungan demi keberhasilan pemasaran kerajinan perak Apri’s Silver.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX