PEMBUKAAN USAHA SABUN CAIR DAN TEKNIK PEMASARAN BERBASIS ONLINE
Corresponding Author(s) : Siswoyo Haryono
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Dewasa ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bidang usaha yang tetap konsisten dan berkembang dalam perekonomian nasional. Pertumbuhan usaha semakin marak dan persaingan di pasar semakin ketat. Panti dan Pondok Pesantren Asy Syafi’iyah Yogyakarta merupakan pondok pesantren yang dikelola secara mandiri dan memiliki potensi besar dalam hal berwirausaha. Disamping menjadi madrasah, para santri juga diajarkan dalam hal keterampilan di bidang perdagangan. Tujuan dari pengabdian ini adalah membangun unit usaha bisnis mikro sabun cair yang bermanfaat untuk menggerakkan roda ekonomi panti. Selain hal tersebut, bisnis ini dapat menjadi laboratorium untuk para santri dalam membangun karakter wirausaha mikro yang berbasis pada kreatifitas dan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan adalah pendampingan berupa penyampaian materi motivasi bisnis dan pemasaran digital, serta pelatihan pembuatan sabun cair. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Asy Syafi’iyah Yogyakarta. Hasil dari program ini yaitu para santri menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terhadap strategi bisnis digital, selain hal tersebut terdapat peningkatan keterampilan santri dalam pembuatan sabun cair. Dengan adanya respon positif dari para santri yang sekaligus mitra pengabdian ini, juga dapat menjadi modal tambahan sebagai pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis secara digital.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX