PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL DI UMKM
Corresponding Author(s) : Asroni Asroni
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Peristiwa pendemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan, terutama kebutuhan ekonomi untuk menunjang kehidupan untuk hidup layak demi Kesehatan dan kesejahteraan. UMKM Sumulur Catering dan Klepon dan Ormas TPA Masjid Nur Rochman Dusun Turi seiring dengan waktu juga berusaha untuk membantu Warga Sekitar untuk menjadikan media perantara dalam transaksi jual beli dari pelapak yang dimiliki Warga dengan menitipkan ke UMKM Sumulur Catering dan Klepon. Perkembangan Teknologi Informasi telah membuat komunikasi lebih cepat dan akurat dan mudah dijangkau secara online, didukung pada masa pandemi aktifitas dibatasi dengan adanya pandemi. UMKM Sumulur Catering dan Klepon untuk memasarkan produknya ke Warga tetapi kurang efektif karena masih manual dengan cara Pembeli ke lokasi atau Membawa dagangan ke Pasar. Warga sudah terbiasa menggunakan handphone, maka untuk lebih mendekatkan tepat sasaran akan dikembangkan dengan membuat aplikasi Instagram/facebook yang nantinya bisa diunduh di play store/app store untuk diunduh dan diinstal. Dengan aplikasi media sosial/medsos akan lebih mudah proses transaksi sehingga dapat meningkatkan kwantitas jumlah produk yang terjual. Dengan banyaknya transaksi akan mampu meningkatkan kesejahteraan bari Warga.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX