PENINGKATAN DAYA SAING UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19
Corresponding Author(s) : Alien Akmalia
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Latar belakang kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ‘J & J Kitchen’ pada aspek produksi, pemasaran dan keuangan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyelesaikan berbagai aspek permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ‘J&J Kitchen’. Metode yang digunakan dalam kegiataan ini antara lain Focus Group Discussion, pelatihan, demonstrasi, praktik, dan pendampingan. Hasil kegiatan yang telah terlaksana terdiri dari: (1) Identifikasi produk; (2) Menambah varian dan inovasi produk; (3) Memperluas Pasar (Daftar Go Food); (4) Membuatkan dan membantu mengelola instagram; (5) Membantu mengelola marketplace; (6) Melakukan foto produk; (7) Mencari referensi kemasan yang menarik dan pengadaan; (8) Membuat desain label; (9) Pelatihan penggunaan aplikasi pencatatan keuangan; (10) Pendampingan. Adanya berbagai program kegiatan yang telah terlaksana berhasil meningkatkan daya saing usaha UMKM ‘J & K Kitchen’. Hal ini dibuktikan dengan semakin luasnya target pasar, yang tentunya berdampak pada peningkatan omset penjualan dan profit ‘J & J Kitchen’. Seluruh kegiatan telah berjalan sesuai dengan rencana. Rangkaian program yang telah terlaksana tersebut sangat mendukung UMKM ‘J & J Kitchen’ untuk dapat bersaing di tengah pandemi covid-19.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX