BRANDING DAN PEMASARAN ONLINE BAGI PRODUK KELOMPOK WANITA TANI
Corresponding Author(s) : Parwoto Parwoto
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Kelompok Wanita Tani (KWT) Arimbi merupakan kelompok wanita “kampung anggur” dusun Plumbungan yang berupaya memaksimalkan potensi anggur di kampungnya melalui produk olahan berbahan dasar anggur. Perjuangan KWT Arimbi tidak lepas dari berbagai permasalahan mulai SDM, produksi dan pemasaran. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produk dan kapasitas SDM anggota KWT Arimbi. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah observasi dan pendataan, penyusunan program, sosialisasi dan persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil dan pembahasan program pengabdian ini, sebagai berikut: 1) Mitra membutuhkan branding (kemasan) produk dan peningkatan kapasitas teknis SDM dalam promosi dan pemasaran secara online. 2) program pengabdian disusun dan dilaksanakan sesuai kebutuhan mitra yaitu: branding (kemasan) dan pembuatan label (labelling) yang menarik, aman dan higienis, pembuatan video profil (youtube), pembuatan akun instagram dan shopee untuk promosi dan penjualan, pelatihan teknis pengelolaan dan penggunaan akun instagram dan shopee, serta bantuan peralatan packaging. 3) pelatihan dan pendampingan teknis penggunaan dan pengelolaan akun instagram dan shopee berhasil dilaksanakan selama 5 jam dengan metode problem base learning. 4) Bantuan peralatan diberikan dalam bentuk desain label, mesin press dan sealer. 5) Setelah program pengabdian ini dilaksanakan, produk KWT Arimbi tampil lebih menawan dan bernilai, dikenal oleh lebih banyak orang, dan KWT Arimbi mampu melakukan penjualan dan melayani secara online.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX