PENDAMPINGAN KELOMPOK USAHA PEMASARAN ON LINE INDUSTRY CREATIVE
Corresponding Author(s) : Aris Slamet Widodo
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Sekelompok pemuda dusun Soka berinisiatif membentuk usaha pemasaran online dengan nama SOKO DIGITAL untuk membantu memasarkan berbagai produk industry creative yang ada. Permasalahan yang muncul adalah kelembagaan SOKO DIGITAL yang belum bagus, kemampuan SOKO DIGITAL dalam pemasaran on line belum terampil dan masyarakat belum mengenal pemasaran on line. Tujuan pengabdian adalah: 1) penguatan kelembagaan kelompok usaha pemasaran on line SOKO Digital, 2). meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok usaha pemasaran on line tentang pasar digital dan SEO, 3). memberdayakan dan menggerakan masyarakat pelaku industry creative agar mampu memproduksi barang yang terstandar dan layak jual serta bersedia memasarkan secara online. Teknik pendampingan dengan menggunakan metode kombinasi antara luring dan daring memanfaatkan aplikasi atau media informasi on line yang familier dengan masyarakat. Proses pemberdayaan menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil pendampingan terhadap kelompok Soka Digital adalah mitra sudah mengenal marketplace dan media social, terjadi peningkatan pengetahuan tentang SEO, dan mitra memiliki keterampilan desain kemasan dan logo.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX