PENGEMBANGAN USAHA KULINER MELALUI BAZAR ONLINE RAMADHAN (BAZONE) IBU-IBU JAMAAH MASJID
Corresponding Author(s) : Lela Hindasah
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
2021: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa( BUMDES)
Abstract
Masa pandemic seperti saat ini, menjadikan mobilitas dan kegiatan usaha menjadi terbatas. Banyak usaha yang terkena dampaknya. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk (1) mengembangkan kewirausahaan ibu-ibu jamaah Masjid (2) menambah pendapatan keluarga melalui usaha kuliner (3) mengembangkan bisnis berbasis komunitas, sehingga komunitas bisa memenuhi kebutuhan dari tetangga terdekat. Mitra sasaran pengabdian ini adalah Ibu-Ibu Jamaah Masjid Muhajirin Pereng Dawe, Jumlah peserta sebagai penjual ada 8 orang dari 25 orang ibu-ibu jamaah masjid muhajirin. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai dengan sosialisasi kegiatan dan pengembangan market place berupa WA bisnis. Kegiatan bazar online dilakukan selama bulan Ramadhan. Untuk memeriahkan bazar, setiap KK jamaah Masjid diberikan kupon pembelian produk sebesar Rp100.000. Target Luaran dari program kemitraan masyarakat ini antara lain: (1) khalayak sasaran mampu meningkatkan penjualan pada masa krisis pandemi (2) Memiliki media promosi pemasaran online melalui WA bisnis. Berdasarkan evaluasi kegiatan berdasarkan aspek kognitif dan skill, 75% menyatakan sangat bermanfaat, sementar sisanya 25% menyatakan cukup puas. Berdasarkan aspek attitude semua peserta menyatakan memiliki motivasi untuk mengembangkan usahanya. Sebanyak 62,5% peserta menyatakan mengalami peningkatan omset yang sifnifikan sedangkan sisanya sebayak 37,5% menyatakan cukup mengalami peningkatan omset.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX