Pengaruh pemberian POC limbah kulit pisang kepok terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada Romaine (Lactuca sativa var. longifolia)

Authors

  • Khofifa Halimah Tussadiyah Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ade Sumiahadi Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Kulit pisang kepok, pertanian organik, selada romaine

Abstract

Tanaman selada Romaine tergolong sayuran yang memiliki kandungan gizi dan nilai ekonomis tinggi, serta prospek yang baik untuk dikembangkan. Peningkatan produksi sayuran perlu didukung dengan berbagai usaha, salah satunya yaitu dengan pemupukan. Salah satu bahan organik yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair yaitu limbah kulit pisang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk organik cair limbah kulit pisang kepok terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada Romaine. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2023 di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian menggunakan Rancangan Kelompok Lengkap Teracak (RKLT) dengan lima perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah NPK 0,75 g/polybag (kontrol), serta dosis POC kulit pisang kepok 20, 40, 60, dan mL/polybag. Hasil menunjukkan bahwa perlakuan POC kulit pisang kepok 20 mL/polybag sudah cukup memberikan pengaruh yang sama dengan pupuk anorganik NPK pada semua peubah yang diamati.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Tussadiyah, K. H., & Sumiahadi, A. (2024). Pengaruh pemberian POC limbah kulit pisang kepok terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada Romaine (Lactuca sativa var. longifolia). Prodising Seminar Nasional Kedaulatan Pertanian, 1(1), 422–430. Retrieved from https://prosiding.umy.ac.id/semnas-datan/index.php/dt/article/view/39