Respons berbagai jenis media tanam dan konsentrasi POC BMW terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa L.)

Authors

  • Alias Fakultas Pertanian dan Bisnis Digital Universitas, Universitas Muhammadiyah Tanah Grogot
  • Hellina Rahmisari Fakultas Pertanian dan Bisnis Digital Universitas, Universitas Muhammadiyah Tanah Grogot
  • Ardaniah Fakultas Pertanian dan Bisnis Digital Universitas, Universitas Muhammadiyah Tanah Grogot

Keywords:

Pakcoy, POC, Media, Tanah

Abstract

Respon berbagai macam media tanam dan konsentrasi POC BMW terhadap pertumbuhan dan hasil Sawi Pakcoi (Brassica rapa L). Penelitian berlokasi di D.I. Jalan Panjaitan, 'Tanah Grogot, pada bulan Maret sampai dengan April 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian konsentrasi POC BMW dan berbagai media tanam dengan menggunakan (Rancangan Acak Kelompok-RAK) dari dua faktorial yang diulang tiga kali. Faktor pertama adalah perlakuan berbagai konsentrasi POC BMW yang terdiri dari tiga taraf, yaitu bl = (2,5 ml/l liter air), b2 = (5 ml/l liter air), b3= (7,5 ml/l liter air). Faktor kedua adalah perlakuan berbagai jenis media tanam yang terdiri dari tiga taraf yaitu ml = (Arang Sekam), m2 = (Serbuk gergaji), m3 = (Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit). Tujuan pengacakan dalam penelitian adalah untuk mengurangi tingkat keselarasan. Berdasarkan hasil penelitian, konsentrasi POC BMW tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati antara lain tinggi tanaman rata-rata, jumlah daun, lebar daun, lingkar batang, dan segar tanaman per sampel. Sebaliknya, perlakuan berbagai media tanam berpengaruh nyata terhadap semua parameter percobaan, termasuk tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, lingkar batang, dan berat segar tanaman per sampel. Kombinasi perlakuan konsentrasi POC BMW dan media tanam dengan konsentrasi 7,5 ml/l liter air dan media tanam menghasilkan pertumbuhan tanaman sawi Pakcoi yang paling baik. Sedangkan untuk perlakuan interaksi konsentrasi POC BMW dengan berbagai jenis media tanam tidak berpengaruh nyata terhadap parameter yang diamati.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Alias, Rahmisari, H., & Ardaniah. (2024). Respons berbagai jenis media tanam dan konsentrasi POC BMW terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa L.). Prodising Seminar Nasional Kedaulatan Pertanian, 1(1), 409–415. Retrieved from https://prosiding.umy.ac.id/semnas-datan/index.php/dt/article/view/37