Pengaruh aplikasi foliar nanosilika abu sekam padi terhadap serangan hama daun pada tanaman kentang (Solanium tuberosum)

Authors

  • Taufiq Hidayat Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Afif Muh Fathul Mubin Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Ihsan Nurkomar Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Keywords:

Nano abu sekam padi, serangan hama daun, tanaman kentang

Abstract

Tanaman kentang merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomis di Indonesia. Namun, produktivitasnya seringkali terganggu oleh adanya serangan hama seperti kutu kebul, kutu daun, thrips sp, yang dapat menyebabkan penurunan produksi kentang. Salah satu metode alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan nano silika dari abu sekam padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menentukan konsentrasi nano silika abu sekam padi yang tepat pada serangan hama dan dinamika sel daun. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan rancangan lingkungan RAKL (Rancangan Acak Kelompok Lengkap) faktor tunggal, terdiri dari 4 perlakuan yaitu: Tanpa perlakuan nano silika abu sekam padi (Kontrol), nano silika abu sekam padi 2 gram, konsentrasi 0,2%, nano silika abu sekam padi 4 gram dengan konsentrasi 0,4% dan nano silika abu sekam padi 6 gram dengan konsentrasi 0,6%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian nano silika abu sekam padi 0,4% berpengaruh terhadap total populasi hama thrips sp tetapi untuk kolonisasi hama dan intensitas serangan dan menunjukan hasil yang beda nyata 0,6 % memiliki hasil yang lebih kecil dibandingkan kontrol.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Hidayat, T., Mubin, A. M. F., & Nurkomar, I. (2024). Pengaruh aplikasi foliar nanosilika abu sekam padi terhadap serangan hama daun pada tanaman kentang (Solanium tuberosum). Prodising Seminar Nasional Kedaulatan Pertanian, 1(1), 362–371. Retrieved from https://prosiding.umy.ac.id/semnas-datan/index.php/dt/article/view/33