Uji efektivitas konsentrasi PGPR dari perakaran bambu dan urin kelinci pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (Glycine max (L.) Merril)

Authors

  • Ikrar Wicaksono Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Agung Astuti Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Bambang Heri Isnawan Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Keywords:

Kedelai, MOL PGPR, Pupuk organik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi Plant Growth Promoting Rhizobacteri (PGPR) dan Urine Kelinci yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Penelitian telah dilaksanakan di lahan percobaan dan Laboratorium Agrobioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian eksperimental disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan menggunakan percobaan faktor tunggal. Perlakuan yang diberikan adalah A)PGPR 7,5 ml/l, B)PGPR 12,5 ml/l, C)PGPR 7,5 ml/l + Urine Kelinci 50 ml/l, D)PGPR 12,5 ml/l + Urine Kelinci 50 ml/l, dan E)Urine Kelinci 50ml/l. Tahap pertama dari penelitian ini adalah pembuatan PGPR dan pupuk Urine Kelinci. Tahap kedua adalah aplikasi pada tanaman kedelai. Parameter yang diamati meliputi PGPR, Urine Kelinci, nodulasi akar tanaman, akar tanaman, pertumbuhan tanaman, dan hasil tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PGPR 7,5 ml/l + Urine Kelinci 50 ml/l dan Urine Kelinci 50ml/l berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman kedelai. Hasil analisis menunjukkan bahwa berpengaruh nyata terhadap berat nodul dan efektivitas nodul.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Wicaksono, I., Astuti, A., & Isnawan, B. H. (2024). Uji efektivitas konsentrasi PGPR dari perakaran bambu dan urin kelinci pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (Glycine max (L.) Merril). Prodising Seminar Nasional Kedaulatan Pertanian, 1(1), 235–248. Retrieved from https://prosiding.umy.ac.id/semnas-datan/index.php/dt/article/view/21